Gampang! Bikin Sendiri Martabak Telur Mini Pakai Kulit Lumpia

Martabak adalah salah satu makanan yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Ada dua jenis, yakni martabak manis dan juga asin. Biasanya martabak manis dimakan sebagai kudapan, sementara martabak asin bisa dimakan sebagai lauk teman nasi.


Dibuat dari telur, daging, dan bumbu-bumbu khusus kemudian dibungkus dengan kulit martabak atau kulit lumpia. Telur yang digunakan untuk martabak ini biasanya adalah telur ayam ataupun telur bebek.





Untuk menikmati martabak asin, sebenarnya kita tak perlu membeli terus menerus karena kita bisa membuatnya sendiri dengan bahan dan cara yang lebih simpel.


Martabak telur mini ini akan menggunakan kulit lumpia sebagai bahan pembungkusnya. Bagaimanakah cara membuatnya? Simak resepnya di bawah ini :


Bahan-Bahan Isian Martabak Telur Mini


- 2 butir telor ayam atau bebek

- 250 gram daging cincang

- 2 siung bawang putih

- 4 siung bawang merah

- 1 batang daun bawang

- 1 buah bawang bombay

- ½ sdt lada halus

- Kaldu ayam secukupnya

- Minyak goreng secukupnya




Cara Membuat Martabak Telor Mini


Setelah selesai membuat kulit martabaknya, sekarang mari kita persiapkan bahan-bahan yang akan menjadi isi dari martabak telor tersebut:


- Masak daging cincang hingga matang.

- Iris bawang putih, bawang merah, daun bawang dan bawang bombay hingga halus.

- Tumis daging cincang dan semua irisan bawang tersebut hingga matang

- Tambahkan juga sedikit kaldu ayam agar aroamanya semakin menggoda

- Jika sudah matang silahkan angkat dan pindahkan




Apabila bahan isian sudah siap, maka hanya tinggal mengisinya ke kulit lumpia. Kulit lumpia bisa dibeli jadi atau bisa juga membuatnya sendiri. Berikut langkah mengisi martabak telor mini:


- Siapkan satu lembar kulit lumpia.

- Letakan beberapa sendok bahan isian di atasnya.

- Lipat kulit lumpia tersebut hingga menutupi seluruh bahan isiannya. Lakukan terus hingga semua kulit dan bahan isiannya habis.

- Selanjutnya siapkan wajan dan panaskan minyak goreng.

- Goreng adonan martabak telor tersebut hingga warnanya menjadi kuning kecoklatan. Jangan lupa untuk membolak-baliknya agar martabak tersebut matang secara merata.

- Jika sudah matang, silahkan angkat dan tiriskan.


Nah martabak telor mini kini sudah siap untuk disajikan. Kamu dapat memakan martabak telor ini dengan campuran acar dan juga saus pedas agar rasanya lebih mantap. Selain itu, martabak ini juga bisa dijadikan sebagai lauk pelengkap makan. Selamat mencoba ya!